Media
adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997).
Media pembelajaran adalahsebuah alat yang berfungsi dan digunakan untuk
menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah proses komunikasi antara
pembelajar, pengajar, dan bahan ajar. Banyak batasan atau pengertian yan
dikemukakan para ahli tentang media, diantaranya adalah: Asosiasi Teknologi dan
Komunikasi Pendidikan (Asosociation of Education
and Communication Technology (AECT).
Dari
pengertian diatas, secara umum dapat dikatakan bahwa substansi dari media
pembelajaran adalah bentuk saluran, yang digunakan untuk menyalurkan pesan,
informasi atau bahan pelajaran kepada penerima pesan atau pembelajar dapat pula
dikatakan bahwa media pembelajaran
adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan dalam lingkungan pembelajar
yang dapat merangsang pembelajar untuk belajar.
1.
Tujuan Media Pembelajaran
Tujuan media pembelajaran sebagai alat bantu
pembelajaran, adalah sebagai berikut :
a. mempermudah proses pembelajaran di kelas
b. meningkatkan efisiensi proses pembelajaran
c. menjaga relevansi antara materi pelajaran dengan
tujuan belajar
d. membantu konsentrasi pembelajar dalam proses
pembelajaran
2.
Manfaat Media Pembelajaran
Manfaat media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses
pembelajaran adalah sebagai berikut :
a. pengajaran lebih menarik perhatian pembelajar
sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
b. bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya,
sehingga dapat lebih di pahami pembelajar, serta memungkinkan pembelajar menguasai
tujuan pengajaran dengan baik
c. metode pembelajaran bervariasi, tidak semata-semata
hanya komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata lisan pengajar, pembelajar
tidak bosan, dan pengajar tidak kehabisan tenaga.
d. pembelajar lebih banyak melakukan kegiatan belajar,
sebab tidak hanya mendengarkan penjelasa dari pengajar saja, tetapi juga
aktivitas lain yang dilakukan seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan
dan lain-lainya.
1. Manfaat Media pembelajaran bagi pengajar, yaitu:
a.
memberikan pedoman, arah untuk mencapai tujuan
b.
menjelaskan struktur dan urutan pengajarn dengan baik
c.
memberikan kerangka sistematis secara baik.
d.
memudahkan kembali pengajar terhadap materi pembelajaran
e.
membantu kecermatan, ketelitian dalam penyajian dalam pembelajaran.
f.
membangkitkan rasa percaya diri seorang pengajar.
g.
meningkatkan kualitas pembelajaran
2. Manfaat media
pembelajaran bagi pembelajar, yaitu:
a.
meningkatkan motivasi belajar pembelajar
b.
memberikan dan meningkatkan variasi belajar pembelajar
c.
memberikan struktur materi pelajaran
d.
memberikan inti informasi pelajaran
e.
merangsang pembelajar untuk berpikir dan beranalisis.
f.
menciptakan kondisi dan situasi belajar tanpa tekanan.
g.
pelajar dapat memahami materi pelajaran dengan sistematis yang disajikan
pengajar .
Pertimbangan
Pemilihan Media
Pertimbangan
media yang akan digunakan dalam pembelajaran menjadi pertimbangan utama, karena
media yang dipilih harus sesuai dengan:
1.
tujuan pengajaran
2.
bahan pelajaran
3.
metode mengajar
4.
alat yang dibutuhkan
5.
pribadi mengajar
6.
minat dan kemampuan mengajar
7.
situasi pengajaran yang sedang berlangsung
Keterkaiatan
antara media pembelajaran dengan tujuan,
materi, metode, dan kondisi pembelajar, harus menjadi perhatian dan
pertimbangan pengajar untuk memilih dan menggunakan media dalam proses
pembelajaran dikelas, sehingga media yang digunakan lebih efektif dan efisien
untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sebab media pembelajaran tidak dapat berdiri
sendiri, tetapi terkait dan memiliki hubungan secara timbalebalik dengan empat aspek tersebut. Dengan demikian,
alat-alat, sarana, atau media pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan
dengan empat aspek tersebut, untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif
dan efisien.
Fungsi Media Pembelajaran
Media Pembelajaran berfungsi untuk merangsang
pembelajaran dengan:
1.menghadirkan
obyek sebenarnya dan obyek yang langkah
2.membuat
duplikasi dari obyek yang sebenarnya
3.membuat
konsep abstrak ke konsep konkret
4.memberi
kesamaan persepsi
5.mengatasi
hambatran waktu, tempat, jumlah, dan jarak
6.menyajikan
ulang informasi secara konsisten
7.memberi
suasana yang belajar yang tidak tertekan, santai, dan menarik.
Selain fungsi diatas. Livie dan Lentz(1982)
mengemukakan 4 fungsi media pembelajaran yaitu:
1. fungsi
atensi berarti media visual merupakan inti, menarik dan mengrahkan perhatian
pembelajar akan berkosentrasi pada isis pelajaran
2. fungsi
afekti maksudnya media visual dapat dilihat dari tingkat kenikmaran pembelajar
ketika belajar membaca teks bergambar.
3. fungsi
kognitif yaitu mengungkapkan bahwa lambang visual mempelancar pencapaian tujuan
dalam memahami dan mendengar informasi
4.fungsi
kompensatoris yaitu media visual memberikan konteks untuk memahami teks dan
membantu pembelajr yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi
dalam teks dan mengingatnya kembali.
dari empat fungsi visual, dapat dikatakan bahwa
belajar dari pesan visual memerlukan keterampilan tersendiri. tehnik afektif
adalah tehnik untuk memahami tehnik pesan visual. yang terbagi dari beberapa
fase seperti dibawah ini:
1. fase
diffrensiasi. yaitu dimana pembelajar mula-mula mengamati, mengidentifikasi dan
menganalisis
2. fase
integrasi yaitu di mana mempelajar menempatkan unsure-unsur visual secara
serempak, menghubungkan pesan-pesan visual kepada pengalaman pengalamannya.
3. kesimpulan,
yaitu dari pengalaman visualisai untuk kemudian menciptakan konseptualisasi
baru dari apa yang mereka pelajari sebelumnya.
Hasil penelitian Edmund Faison, dkk dalam Nana Sudjana
dan Ahmad Rivai tentng pennggunaan gambar visual dalam pembelajaran
disimpulkan:
1. terdapat beberapa hasil penelitian bahwa untuk
memperoleh hasil belajar bagi pembelajar secara maksimal yaitu:
1.gambar-gambar
yang digunakan harus jelas
2.gambar
harus familiar dgn pembelajar
3.gambar
yang digunakan ukurannya cukup besar
2. terdapat bukti, gambar-gambar berwarna lebih
menarik minat pembelajar.
3. hasil penelitian Mabel Rudisill. gambar-ganbar yang
disukai anak-anak adalah gambar-gambar berwarna yang menumbuhkan impresi atau
kesan realistik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar